Menulis Kutipan dan Referensi Menggunakan APA dan IEEE Style (2024)

Teman – teman peneliti dalam membuat penelitian pasti akan berurusan dengan yang namanya penulisan kutipan dan referensi atau daftar pustaka. Jelas saja teman – teman, tentu kita tidak mau dibilang plagiat apalagi mencuri tulisan orang lain. Kita harus menulis dari mana sumber dari tulisan kita itu. Dalam kita membuat penelitian seperti skirpsi, tesis, disertasi maupun makalah tentu kita harus menyebutkan kutipan dari sumber mana kita mengutip dan menampilkannya dalam referensi. Terlebih lagi ketika kita akan mempublikasikan karya ilmiah kita di publikasi seperti prosiding dan jurnal baik nasional maupun internasional.

Ketika akan publikasi di prosiding dan jurnal teman – teman akan berkenalan dengan dua macam gaya penulisan kutipan yang sering digunakan, yaitu American Psychological Association (APA) style dan Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE) style. Tergantung kepada jurnal maupun prosiding konferensinya memandatkan untuk menggunakan kutipan jenis APA atau IEEE. Bagaimana perbedaan diantara keduanya? Mari teman – teman simak penjelasan berikut ini:

APA Style

Tipe ini banyak digunakan ketika teman – teman menyusun penelitian di kampus seperti skripsi. Gaya pengutipan APA adalah gaya yang berlaku umum berformat penulis-tanggal (author-date) yang digunakan untuk mengutip dan memberikan sumber informasi untuk tugas tertulis maupun publikasi ilmiah (Mandernach et al., 2016). Nama belakang penulis ditulis bersamaan dengan tahun penulisan.

Penulisan referensi jenis APA ini berdasarkan aturan alphabet, dimana yang dimulai dengan abjad awal ditulis terlebih dahulu. Misalnya penulis yang nama belakangnya (family name) diawali dengan huruf A ditulis terlebih dahulu sebelum penulis yang nama belakangnya diawali dengan huruf B.

Contoh penulisan kutipan dengan APA style: (Handoko et al., 2020) dan penulisan referensi menggunakan APA style:

Handoko, B.L., Lindawati, A.S.L., Budiarto, A.Y. 2020. Using Mixed Reality to Provide Experience for Internship Students in the Field of Auditing Studies During Covid 19. In The 2020 2nd International Conference on E-Business and E-commerce Engineering (EBEE 2020), December 29-31, 2020, Bangkok, Thailand. ACM, New York, NY, USA, 9 pages.

IEEE Style

Tipe ini banyak digunaka ketika teman – teman submit peneltiian ke jurnal atau prosiding. Dalam penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEEstyle, ketentuannya adalah diberi nomor, seperti berikut: [1], urut dari kutipan yang pertama sampai dengan yang terakhir

Referensi dengan IEEEstylemenggunakan angka numerik yang diletakkan dalam kotak persegi atas rujukan yang diambil dan menaruhnya pada akhir kalimat.

Angka numerik yang terletak dalam kotak persegi tersebut dibuat sama persis dengan daftar pustaka pada halaman akhir karya ilmiah.

Informasi umum penulisan daftar pustaka dengan mengacu pada IEEEstyle, adalah sebagai berikut (Pandey et al., 2020):

  1. Daftar entri harus sama persis dengan urutan numerik yang sama dengan teks.
  2. Nama pertama dari penulis dituliskan dalam bentuk inisial dan nama belakang ditulis lengkap.
  3. Huruf pertama pada kata pertama sebuah artikel atau judul bab ditulis kapital, sedangkan untuk judul buku ditulis huruf kapital pada awal setiap kata.
  4. Judul artikel atau judul bab diberikan tanda kutip, sedangkan judul buku, jurnal, dan website dicetak miring.

Berikut ini format penulisan kutipan dan contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEE style: [1]

[1] B. L. Handoko, A. Swat, L. Lindawati, and M. Mustapha,”Application of Computer Assisted Audit

Techniques in Public Accounting Firm,” International Journal of Management, vol. 11, no. 5 pp. 222-

229, 2020, doi: 10.34218/IJM.11.5.2020.022.

Apapun jenis tipe penulisan referensinya, untuk memudahkan dalam penulisan kutipan, teman – teman peneliti dapat menggunakan perangkat lunak seperti: Mendeley, End Note. Perangkat lunak tersebut dapat langsung membuat format kutipan secara otomatis.

Referensi:

  • Mandernach, B. J., Zafonte, M., & Taylor, C. (2016). Instructional Strategies to Improve College Students ’ APA Style Writing. 27(3), 407–412.
  • Pandey, S., Pandey, S., Dwivedi, S., & Pandey, D. (2020). Methods of Various Citing and Referencing Style : Fundamentals for Early Career Researchers. Publishing Research Quarterly, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s12109-020-09726-0

Image Sources: Google Images

Menulis Kutipan dan Referensi Menggunakan APA dan IEEE Style (2024)

FAQs

APA perbedaan gaya penulisan IEEE dan APA? ›

Gaya kutipan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) terutama digunakan dalam bidang teknik dan ilmu komputer dan menggunakan angka untuk merujuk pada referensi. Gaya APA (American Psychological Association) umumnya digunakan dalam ilmu-ilmu sosial dan menggunakan format tanggal penulis untuk kutipan.

Apa format IEEE untuk kutipan? ›

Kutipan dalam teks IEEE terdiri dari nomor dalam tanda kurung pada titik yang relevan dalam teks, yang mengarahkan pembaca ke entri yang tepat di halaman referensi IEEE bernomor di akhir makalah penelitian . Misalnya, “Smith [1] menyatakan bahwa protokol baru pasti akan membuahkan hasil.”

Kapan menggunakan APA atau IEE? ›

Jika Anda menulis esai di kelas ilmu sosial, Anda mungkin akan menggunakan APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Languages ​​Association) . Jika Anda mengambil kursus teknik, kemungkinan besar Anda akan menggunakan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) atau CSE (Council of Science Editors).

Daftar pustaka IEEE diurutkan berdasarkan APA? ›

Gaya kutipan IEEE mencakup kutipan dalam teks, diberi nomor dalam tanda kurung siku, yang mengacu pada kutipan lengkap yang tercantum dalam daftar referensi di akhir makalah. Daftar referensi disusun berdasarkan angka, bukan berdasarkan abjad.

APA itu gaya IEEE? ›

Gaya Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) digunakan terutama untuk publikasi di bidang teknik, elektronik, telekomunikasi, ilmu komputer, dan teknologi informasi.

Bagaimana cara membuat daftar kutipan IEEE? ›

Daftar rujukan hendaknya disusun menurut urutan kemunculan kutipan dalam teks, bukan menurut abjad, diawali dengan [1], dan dilanjutkan menurut urutan angka menaik, dari angka terendah hingga tertinggi. Dalam daftar referensi, hanya satu sumber daya per nomor referensi yang dapat diterima.

Bagaimana cara mengutip situs web menggunakan IEEE? ›

Format dasar untuk mereferensikan dokumen atau sumber berbasis web

Nama belakang, "Judul halaman." Judul situs web. Alamat Web (tanggal diakses diambil). Elemen referensi yang akan dikutip: [#] Nomor referensi (sesuai dengan nomor kutipan dalam teks)

Apakah kutipan IEEE sama dengan MLA? ›

Perbedaan mendasar antara Referensi gaya IEEE, APA, dan MLA adalah sebagai berikut: Judul bagian adalah “Referensi” (seperti APA, tetapi tidak seperti MLA) rata kiri (tidak seperti keduanya) di bagian atas halaman.

Apakah Ieee dan Chicago sama? ›

Gaya Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) adalah format penulisan makalah penelitian yang diterima secara luas, biasanya digunakan dalam bidang teknis, khususnya ilmu komputer. Gaya IEEE didasarkan pada Gaya Chicago .

Apa format IEEE untuk makalah penelitian? ›

Makalah IEEE dimulai dengan drop cap sedalam dua baris, diikuti dengan 8-12 karakter berikutnya (atau 1-2 kata, mana saja yang sesuai) dengan huruf kapital semua . Gambar, tabel, dan persamaan masing-masing harus diberi nomor secara berurutan, tetapi secara terpisah. Mereka juga harus berada di tengah kolom tempat mereka muncul.

IEEE termasuk jurnal APA? ›

IEEE merupakan suatu organisasi yang biasanya mempublikasikan jurnal-jurnal internasional yang memiliki kepanjangan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dengan bidang mulai dari industri, rekayasa, telekomunikasi, jaringan computer, kelistrikan, antariksa dan elektronika.

Cara menulis kutipan tidak langsung apa style? ›

1. Penulisan Kutipan Tidak Langsung Pada format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbitan, tanpa menuliskan halaman karya yang dikutip.

Citation Style APA biasanya digunakan untuk membuat kutipan dengan jenis? ›

In-text Citations (Kutipan dalam Teks)

Jenis yang pertama adalah In-Text Citations atau kutipan dalam teks. Jenis ini merupakan kutipan yang langsung digunakan saat mengambil kutipannya.

IEEE adalah singkatan dari APA? ›

IEEE merupakan suatu organisasi yang biasanya mempublikasikan jurnal-jurnal internasional yang memiliki kepanjangan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dengan bidang mulai dari industri, rekayasa, telekomunikasi, jaringan computer, kelistrikan, antariksa dan elektronika.

Gaya penulisan itu seperti APA? ›

Gaya penulisan mencakup pilihan kata, struktur kalimat, penggunaan tata bahasa, dan cara penulis menyampaikan ide dan argumentasi. Gaya penulisan yang baik harus dapat menarik perhatian pembaca, mudah dipahami, konsisten, dan sesuai dengan konteks atau tujuan penulisan.

Apa perbedaan paling jelas antara format kutipan IEEE dan format kutipan APA dan MLA? ›

Format kutipan IEEE merujuk kutipan dengan angka, sedangkan format APA dan MLA merujuk kutipan dengan nama penulis dan tahun sumber . Format kutipan IEEE menunjukkan bahwa insinyur adalah robot yang dingin dan tidak berperasaan.

APA perbedaan gaya penulisan kutipan APA dan Harvard Style? ›

Dalam Harvard Style, tahun publikasi ditulis setelah nama pengarang, sedangkan dalam APA Style, tahun publikasi ditulis setelah judul artikel atau buku.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Horacio Brakus JD

Last Updated:

Views: 6570

Rating: 4 / 5 (51 voted)

Reviews: 82% of readers found this page helpful

Author information

Name: Horacio Brakus JD

Birthday: 1999-08-21

Address: Apt. 524 43384 Minnie Prairie, South Edda, MA 62804

Phone: +5931039998219

Job: Sales Strategist

Hobby: Sculling, Kitesurfing, Orienteering, Painting, Computer programming, Creative writing, Scuba diving

Introduction: My name is Horacio Brakus JD, I am a lively, splendid, jolly, vivacious, vast, cheerful, agreeable person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.