Panduan dan Tata Cara Mengutip dari Skripsi Orang Lain dengan Benar (2024)

Panduan dan Tata Cara Mengutip dari Skripsi Orang Lain dengan Benar (1)

Panduan dan Tata Cara Mengutip dari Skripsi Orang Lain dengan Benar (2)Perbesar

ADVERTIsem*nT

Daftar pustaka merupakan daftar referensi ditulis tanpa menggunakan nomor dengan pengurutan berdasarkan pada nama pengarang secara alfabetis. Penggunaan daftar pustaka pada karya ilmiah sangat penting untuk ditulis. Hal tersebut dikarenakan daftar pustaka menunjukkan publikasi ilmiah apa saja yang kamu gunakan sebagai acuan penulisan. Bagian terakhir dalam karya ilmiah merupakan daftar pustaka. Seperti yang sudah dijelaskan, daftar pustaka berperan untuk menciptakan sumber data-data yang digunakan sebagai referensi. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut secara spesifik mengenai tata cara mengutip dari skripsi orang lain.

ADVERTIsem*nT

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Dikutip dari buku Cerdas Menulis Buku Referensi yang ditulis oleh Elisa, dkk (2020: 6), daftar pustaka merupakan bagian terakhir dalam penulisan karya ilmiah. Penulisan ini berperan untuk menciptakan sumber data-data yang digunakan sebagai referensi. Satu sisi sumber referensi yang dicantumkan di dalam daftar pustaka memberikan penghormatan dari karya-karya buku atau hasil penelitian dari penulis-penulis sebelumnya. Berikut adalah panduan cara mengutip dari skripsi orang lain:

Kutipan juga bisa diambil dari skripsi, tesis, maupun disertasi yang sudah dipublikasikan. Adapun cara menulis kutipan dari sumber skripsi adalah sama dengan mengutip dari jurnal. Yakni pada akhir kutipan ditambahkan tanda kurung berisi nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman.

ADVERTIsem*nT

contoh:

Semoga cara mengutip dari skripsi orang lain di atas bermanfaat bagi kamu! (CHL)

ADVERTIsem*nT

Panduan dan Tata Cara Mengutip dari Skripsi Orang Lain dengan Benar (2024)

FAQs

Bagaimana cara mengutip dari skripsi orang lain? ›

Adapun cara menulis kutipan dari sumber skripsi adalah sama dengan mengutip dari jurnal. Yakni pada akhir kutipan ditambahkan tanda kurung berisi nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman.

Bagaimana cara mengutip kutipan yang dikutip dari orang lain? ›

Tak sedikit seorang penulis ingin mengutip sebuah kutipan yang sebelumnya telah dikutip oleh seseorang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menyertakan nama pengarang aslinya kemudian diikuti dengan kata 'dalam'.

Apakah skripsi orang lain bisa dijadikan referensi? ›

Skripsi yang nantinya sudah diubah menjadi jurnal ilmiah yang sudah terpublikasi dan bereputasi bisa menjadi media untuk belajar, menjadi referensi karya ilmiah bagi orang yang sedang melakukan penelitian.

Cara menulis daftar pustaka dari skripsi menurut apa? ›

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi
  1. Tulis nama pengarang. ...
  2. 2. Tulis tahun skripsi dipublikasikan serta judul dan subjudul skripsinya. ...
  3. Tulis jenis karangan dengan menyertakan 'diakses dari' dan URL yang diakses. ...
  4. 4. Tulis nama fakultas, perguruan tinggi, dan kota perguruan tinggi berada.
Apr 29, 2023

Apakah dalam kajian teori boleh dikutip dari hasil penelitian orang lain? ›

Boleh saja mengutip hasil-hasil penelitian orang lain yang relevan dengan teori dari variabel penelitian kita. Gunanya untuk mengetahui sejauh mana Page 12 Azuar Juliandi@2007 perkembangan suatu variabel yang kita teliti tersebut telah dikaji oleh orang lain sampai saat ini.

Apakah skripsi bisa dimasukkan ke Mendeley? ›

Mendeley merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka pada penulisan skripsi.

Bagaimana cara mengutip yang benar? ›

Penulisan sumber kutipan dapat diletakkan di awal maupun akhir tulisan. Jika menulis sumber di awal kalimat, nama penulis diletakkan di luar tanda kurung. Jika menulis sumber di akhir kalimat, nama penulis diletakkan di dalam tanda kurung beserta tahun serta nomor halaman.

Bagaimana cara mengutip dari jurnal yang benar? ›

Adapun syarat tersebut adalah:
  1. Kutipan ditulis apa adanya.
  2. Kutipan dikaitkan dengan pemaparan dari penulis.
  3. Penulisan kutipan diatur dengan jarak dua spasi.
  4. Memberikan tanda kutip (petik dua) pada kalimat kutipan tersebut.
  5. Sumber kutipan kemudian ditulis secara lengkap meliputi nama, tahun, dan halaman.
May 26, 2022

Contoh kutipan dengan apa style? ›

APA menggunakan gaya pengutipan (referencing) yang disebut: “penulis- tanggal” (the author-date), yakni kutipan di dalam naskah mengikuti format: (Nama belakang Penulis, tahun publikasi, halaman). Contoh: Anda mengutip tulisan dari Johan Wahyudi maka ditulis (Wahyudi, 2017, h. 64).

Bagaimana cara menghindari plagiarisme pada tulisan skripsi kita? ›

Selain kepatuhan pada koridor hukum yang disebutkan di atas, upaya lain yang dapat dilakukan untuk menghindari plagiarisme, khususnya plagiarisme secara tidak disengaja, adalah: 1) senantiasa taat asas pada gaya selingkung, 2) melakukan pengutipan (menyitir) secara langsung, dan 3) melakukan parafrasa terhadap kutipan ...

Apakah boleh mengambil referensi dari website untuk skripsi? ›

Hindari sumber-sumber yang kurang kredibel untuk dijadikan sebagai referensi dalam skripsi misalnya website, blogspot, WordPress dan lain sebagainya.

Apakah boleh mengutip dari jurnal untuk skripsi? ›

Apakah Skripsi boleh mengutip dari jurnal? Tentu saja boleh, namun dalam prosesnya harus dilakukan dengan benar. Sebab karya tulis seperti skripsi ini membutuhkan adanya kutipan, penegasan, dan juga rujukan agar dapat memperkuat karya tulis ilmiah yang dibuat.

Bagaimana cara menulis footnote dari skripsi? ›

Cara Menulis Footnote dari Skripsi

Catatan kaki yang berasal dari skripsi diawali dengan Nomor kutipan penulis Nama penulis, “Judul karya skripsi (dicetak miring)” (Kota Terbit: Penerbit, Tahun Terbit), Halaman Sumber Kutipan.

Apa perbedaan referensi dan daftar pustaka? ›

Referensi adalah kutipan yang digunakan dalam teks untuk menunjukkan sumber daya, sem*ntara daftar pustaka adalah daftar lengkap sumber daya di akhir dokumen. Keduanya berbeda dalam penggunaan namun saling terkait.

Apa bedanya skripsi dan tugas akhir? ›

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan dan diselesaikan mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Tujuan dari proses pembuatan skripsi adalah mahasiswa bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama proses perkuliahan.

Dimana kita bisa melihat skripsi orang lain? ›

Tips Mencari Referensi Online Untuk Skripsi, Tesis, dll
  • Scopus (www.scopus.com). ...
  • Google Scholar (www.scholar.google.com) dan Google Books (www.books.google.com. ...
  • Microsoft Academic (academic.research.microsoft.com). ...
  • Academia (www.academia.edu). ...
  • Research Gate (www.researchgate.net). ...
  • Library Genesis atau BookFi.
Apr 4, 2016

Apakah judul skripsi boleh sama tapi tempatnya berbeda? ›

Judul skripsi boleh sama, namun isi, lokasi, hasil penelitian pasti tidaklah sama. Sebaiknya kamu lebih baik buat hubungan yg baik dengan Dosen pembimbing dan ajukan judul yg kamu usung.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Lidia Grady

Last Updated:

Views: 6427

Rating: 4.4 / 5 (45 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Lidia Grady

Birthday: 1992-01-22

Address: Suite 493 356 Dale Fall, New Wanda, RI 52485

Phone: +29914464387516

Job: Customer Engineer

Hobby: Cryptography, Writing, Dowsing, Stand-up comedy, Calligraphy, Web surfing, Ghost hunting

Introduction: My name is Lidia Grady, I am a thankful, fine, glamorous, lucky, lively, pleasant, shiny person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.